-->

Wednesday, March 16, 2016

Menguatkan Tali Persahabatan Melalui Permainan



                Hai, Sahabat Pena!!! Maafkan kami ya,  kalau kami jarang berbagi cerita. Kali ini kami dari Tim Pena akan membicarakan tentang kegiatan persahabatan antara Jakarta Japanese School (JJS) dan SMP Tara Salvia. Kegiatan ini bukan pertama kali dilakukan, kegiatan ini telah diadakan beberapa kali dengan fokus kegiatan yang berbeda-beda. Kali ini, kegiatan ini dikelola oleh OSIS SMP Tara Salvia.



Terakhir kami bertemu adalah saat murid-murid Tara Salvia pergi berkunjung ke Sekolah Jepang untuk bermain permainan yang berasal dari Jepang, nah sekarang giliran mereka untuk berkunjung ke Sekolah Tara Salvia dan bermain permainan asal Indonesia. Pada tanggal 18 Februari tahun 2016 Sekolah jepang atau bisa dibilang Jakarta Japanese School berkunjung ke sekolah Tara Salvia untuk bermain permainan yang berasal dari Indonesia. Permainan yang akan dimainkan bersama adalah adu kelereng, bekel, engklek, dan adu stik. Semua siswa dibagi menjadi 32 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari siswa JJS dan siswa Tara Salvia, tujuanya adalah untuk mejalin komunikasi dan kerja sama antara siswa JJS dan siswa Tara Salvia dalam seluruh permainan.

               
Kegiatan di hari itu berlangsung dengan seru murid-murid JJS sangat semangat dalam mencoba permainan-permainan tersebut. Ternyata kesulitan bermain permainan tradisional bukan hanya dialami oleh murid-murid JJS tapi murid-murid Tara Salvia juga mengalaminya. Menurut kami permainan yang paling menantang adalah adu kelereng karena tidak mudah menyentil kelereng untuk mengenai sasaran. Sementara,  menurut Taipei, salah satu siswa JJs, yang paling seru adalah adu Stik. Ternyata dari serunya permainan hari itu, terlihat bahwa perbedaan bahasa dan budaya tidak menjadi masalah. Kami tetap dapat mencari cara untuk berkomunikasi agar permainan berlangsung seru. Melalu permainan tradisional Indonesia, murid-murid JJS dapat belajar lebih banyak budaya Indonesia.
 

[Nara&Rana]

No comments:

Post a Comment