-->

Monday, February 9, 2015

Kegiatan Persahabatan SMP Tara Salvia dan Jakarta Japanese School



Hari Senin, 2 Februari 2015, sekolah kami kedatangan tamu, yaitu 90 siswa SMP dari sekolah Jakarta Japanese School (JJS). Sekolah tersebut mengunjungi gedung SMP Tara Salvia, untuk yang pertama kalinya, dengan tujuan untuk melakukan kegiatan bersama.
Ayo, dengarkan presentasinya!
Pertama, kami berkumpul dengan kelompok masing-masing di Ruang Serbaguna SMP.Seluruh acaranya dipandu oleh Ailsa dari kelas 8.Kami mengenalkan diri di kelompok masing-masing. Saat pengenalan diri, suasana Ruang Serbaguna yang tadinya sunyi senyap, berubah menjadi ramai dengan suara siswa-siswa yang menyebutkan nama, kelas, dan hobi masing-masing. Lalu, kami mendengarkan presentasi dari setiap sekolah. Presentasi tersebut dibawakan oleh kedua sekolah tentang lingkungan hidup di sekolah masing-masing. Amanda dari kelas 9, mewakili sekolah Tara Salvia, sementara dari sekolah JJS diwakili oleh lima orang siswa. Yang membuat kami kagum, mereka menggunakan bahasa Indonesia saat presentasi.
Buat tempatnya yang bagus ya!
Kemudian, kami berkumpul di Shared Area SMP sesuai dengan kelompoknya untuk melakukan kegiatan bersama. Kegiatan pertama adalah membuat tempat alat tulis unik yang dipandu oleh siswa JJS. Kegiatan berikutnya adalah membuat sabun dari campuran minyak jelantah dengan NaOH(Natrium hidroksida) yang dipandu oleh siswa Tara Salvia. Cara membuat sabunnya dipraktikan lebih dulu oleh Zaki Ibrahim kelas 7. Kegiatannya sangat menarik dan seru!
Hati-hati menuangnya ya!
Suasana kemarin sangat ramai dan menyenangkan.Banyak siswa JJS yang sangat ramah dan selalu mengajak ngobrol, tapi ada juga yang pendiam dan kesulitan untuk berbicara.Namun dalam semua kegiatan, mereka ikut terlibat dan sangat membantu. Kosakata mereka pun juga terbatas, tapi mereka tetap berusaha untuk mengucapkan dan  berkomunikasi jika ada yang perlu dikatakan. Kebanyakan dari mereka juga menanyakan tentang kegiatan dan informasi sekolah, bahkan mereka juga ingin kembali melakukan kegiatan menyenangkan lainnya bersama kami.
Kami, Siswa SMP Tara Salvia, ingin melakukan kegiatan bersama dengan berbagai sekolah lain. Karena kami percaya jika banyak bertemu dan bekerja sama, kami punya teman-teman baru dan persahabatan antara sekolah kami dengan sekolah lain akan semakin kuat. Kami juga belajar menghargai satu sama lain dengan menerima berbagai perbedaan yang ada. Mari kita kuatkan lagi persahabatan kita bersama!
[Karissa]

No comments:

Post a Comment