-->

Wednesday, March 25, 2015

Belajar dari Komunitas Lain


Ciss!!!

          
     Pada tanggal 21 hingga 28 Februari 2015, siswa-siswi kelas 8 SMP Tara Salvia tinggal di Kota Banyuwangi, Kota Pacitan, dan Desa Pajarakan di Jawa Timur dalam rangka program ‘Belajar di Komunitas Lain’. Dalam kegiatan ini, SMP Tara Salvia bekerjasama dengan SMPN 1 Banyuwangi, SMPN 1 Pacitan, dan SMPN 1 Pajarakan. Program ini dilaksanakan untuk melatih kemampuan beradaptasi siswa secara mandiri di komunitas yang berbeda dari komunitas asal mereka.

                
Naik kereta api... Tut tut tut...

     Tanggal 21 Februari, kelompok Banyuwangi berangkat. Lalu, 22 Februari, giliran kelompok Pajarakan dan Pacitan berangkat. Sampai di kota tujuan, para orangtua  dan teman angkat mereka langsung menjemput mereka. Pada hari pertama, ada yang mengaku sedikit kaku, ada juga yang langsung merasa nyaman di dalam komunitas baru. Beberapa anak langsung diajak saudara angkat mereka berpergian. Yang lain lebih memilih mengobrol di rumah.


Siap grak!

    Hari Senin, 23 Februari 2015, siswa-siswi SMP Tara Salvia masih lebih memilih mengobrol dengan teman sesama SMP Tara Salvia ataupun dengan saudara angkat. Tentu saja, ada yang langsung nyambung dengan teman sekolah yang lain. Rupanya, murid-murid SMP di sana ramah dan menyambut dengan baik kedatangan siswa SMP Tara Salvia. Beberapa memiliki kegemaran yang sama, sehingga memudahkan proses beradaptasi.
               
Kring kring, sepeda!
     Banyak persitiwa yang terjadi selama berada di komunitas yang baru, dari yang baik hingga yang buruk. Ada yang diajak ke tempat wisata oleh keluarga atau teman kelasnya, belajar bermain sepeda, belajar bahasa yang berbeda. Bahkan ada yang menjadi ‘artis dadakan’! Tetapi ada juga pengalaman buruk seperti terjatuh dari sepeda. Walau begitu, semua pengalaman tersebut menjadi pelajaran untuk para siswa SMP Tara Salvia kedepannya. Belajar untuk lebih mandiri, aktif bertanya, menjadi teman yang baik, dan mempunyai pendirian yang kuat.

                
     
Kayaknya enak!
Tak terasa, lima hari berlalu sudah. Siswa-siswi SMP telah akrab satu sama lain. Mereka saling bertukar informasi seperti media sosial, tanda tangan, bahkan sekadar berfoto bersama. Semoga persahabatan ini tidak putus di sini dan terus berlanjut untuk selamanya!




Semoga pertemanan kami terus bertahan!

[Tsabita]

No comments:

Post a Comment