-->

Tuesday, March 24, 2015

Liputan: Lomba FLS2N dan OS2N

Dari kiri-kanan: Ailsa, Nisa, Karissa
Hari Sabtu tanggal 7 Maret 2015, pukul 08.00 WIB, Sekolah Menara Harapan yang terletak di Jalan R.E. Martadinata No.35, Ciputat, Tangerang Selatan, dipenuhi oleh banyak peserta lomba yang merupakan siswa-siswi SMP. Namun, apakah kau tahu jika di antara para peserta yang mengikuti lomba tersebut, ada empat siswi SMP Tara Salvia yang juga ikut? Mereka ini adalah Nisa yang mengikuti kategori seni membuat poster, Ailsa pada kategori menciptakan lagu, Rizky di kategori membuat batik, dan Karissa mengikuti seni lukis. Tetapi, lomba apa sebenarnya ini? Lomba tersebut disebut ‘FLS2N’ dan ‘O2SN’. Lomba seni ini diadakan untuk sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang sebagai ajang  menunjukan bakat siswa-siswinya di berbagai kategori seni. Bagaimana sih, suasana di sana?

Pendaftaran ulang di hari itu sangat ramai. Banyak peserta yang mendaftarkan diri mereka dan memberikan karya yang sudah dibuat (bila memungkinkan) Setelah pendaftaran, keadaan menjadi semakin ramai dan pintu auditorium akhirnya dibuka. Semua peserta yang sudah menunggu pun masuk ke dalam ruangan dan duduk sesuai kategori yang diikuti. Kategori yang ada di lomba ini ada banyak. Ada desain poster, lukis, cipta lagu, seni baca Al-Qur’an, tari, membuat cerpen, story telling, dan lainnya.  Banyak sekolah yang mengirim siswa-siswanya untuk mengikuti lomba ini.

Banyak hal yang menarik dan menyenangkan di sini. Kalau diperhatikan, banyak siswa tari yang menggunakan face painting dan aksesoris unik. Penampilan grup vokal juga kompak dan suara setiap peserta indah!

Acara lomba ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, ada pembacaan Al-Qur’an oleh salah satu peserta yang mengikuti kategori seni baca Al-Qur’an. Dilanjutkan dengan sambutan dari panitia Gugus 03 Tangerang Selatan. Panitia menyebutkan bahwa ada 96 peserta dari berbagai sekolah yang mengikuti lomba ini. Setelah itu, ada sambutan dari Kepala Sekolah SMP Menara Harapan dan Dinas Pendidikan.

Penampilan biola SMP Menara Harapan
Sebelum lomba dimulai, ada beberapa penampilan dari berbagai sekolah. Urutan penampilan pembuka diatur secara berselang-seling. SMP Menara Harapan menampilkan permainan biola yang dibawakan oleh tujuh orang siswa kelas 7 dan 8. Permainan mereka sangat kompak dan lancar. Dilanjutkan Tari Kuda yang ditampilkan oleh seorang siswi dari SMPN 3. Lalu ada paduan suara dari SD Menara Harapan yang ikut mengisi acara. Terakhir, peserta dari Al-Fath menampilkan seni bela diri wushu yang rupanya ditampilkan oleh juara wushu tingkat internasional di Beijing, hebat!

Setelah penampilan awal, peserta dan penonton dipersilahkan untuk keluar auditorium dan berkeliling untuk melihat karya dan lingkungan Sekolah Menara Harapan. Setelah itu, peserta dan penonton masuk lagi ke dalam auditorium untuk melihat berbagai lomba yang dilaksanakan pada hari itu. Lomba diakhiri dengan ucapan terima kasih dari panitia lomba. Semoga para peserta (terutama dari SMP Tara Salvia) mendapatkan hasil terbaik!
Beberapa minggu kemudian, hasil lomba cipta lagu diumumkan dan ternyata, Ailsa berhasil lolos! Satu hal yang dapat dipelajari dari lomba ini, menang ataupun kalah bukanlah suatu tujuan. Tujuan dari lomba ini adalah untuk menunjukkan kreatifitas dan membagikan ilmu seni yang kita miliki.

Jadi, buat sobat-sobat PENA, cobalah untuk berkarya! Siapa tahu bakatmu itu bisa memberikan keuntungan untuk dirimu sendiri dan bahkan orang lain. Mulailah melakukan sesuatu yang bermanfaat, siapa tahu salah satu keahlianmu bisa digunakan dalam lomba seperti ini!



Foto-foto hasil karya para siswi SMP Tara Salvia
Karya batik Rizky
Karya lukis Karissa

[Karissa]

No comments:

Post a Comment