-->

Tuesday, April 21, 2015

Kartini Sang Pencerah

Raden Ajeng Kartini, atau yang sering dipanggil Kartini, adalah salah satu pahlawan Indonesia. Beliau lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879, dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 17 Desember 1904. Saat meninggal, Beliau baru menginjak umur 25 tahun. Sosok beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Kartini adalah sosok yang telah memperjuangkan pendidikan bagi para kaum wanita di Indonesia.  Ide-ide besarnya itulah yang dapat membuat pendidikan bagi para wanita terus maju dan berjalan. Beliau adalah sosok yang sangat berani karena beliau telah membuat derajat wanita menjadi setara dengan pria. Beliau juga memberantas kebodohan dan memajukan kaumnya.  Beliau bahkan membuka sekolah untuk para remaja wanita pada zaman itu. Ia mengajarkan menjahit, menyulam, memasak, dan sebagainya.

Bayangkan jika tidak ada Kartini, apa yang akan terjadi? Bisa saja sampai saat ini para wanita tetap dipandang jauh derajatnya dari kaum laki-laki, tidak bisa mencari ilmu hingga ke luar negeri seperti sekarang. Wanita tidak bisa bebas mencari pendidikan dimana-mana. Perjuangan Kartini telah menginspirasi berbagai wanita di Indonesia untuk membuktikan bahwa wanita juga bisa memberi kontribusi bagi Indonesia maupun dunia. Beberapa wanita Indonesia telah membuktikannya.

Kartini jangan hanya dikenang saja, namun contoh sikapnya. Di era modern ini, masih ada wanita yang memperjuangkan pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah Butet Manurung. Lahir pada 21 Februari 1972, Manurung mendirikan ‘Sokola Rimba’, yaitu sekolah untuk warga Rimba. Hal ini berawal dari sebuah iklan yang membutuhkan pengajar untuk warga Rimba. Sekolah ini didirikan karena kesadaran pendidikan warga Rimba yang kurang, menganggap bahwa pendidikan adalah budaya luar. Manurung mengajari mereka membaca dan berhitung agar kelak nanti, warga Rimba tidak lagi sering tertipu oleh surat perjanjian palsu dan menyebabkan kerugian kepada warga Rimba. Sekolahnya pun sederhana dan bersifat nomaden. Berkat jasanya, Manurung menerima berbagai macam penghargaan, baik nasional maupun internasional.

           
Wanita yang telah membanggakan Indonesia di rancah mancanegara adalah Sri Mulyani Indrawati. Beliau sekarang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sebelumnya, Mulyani menjabat sebagai Executive Director Dana Moneter International, mewakili 12 negara ASEAN. Setelah itu, Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan kabinet Indonesia bersatu, menggantikan Jusuf Anwar. Lalu, pada 1 Juni 2010, Mulyani menjabat sebagai direktur pelaksana bank dunia. Mulyani memiliki pribadi yang cerdas, pandai bersosialisasi, serta kritis. Pada 2014 lalu, Forbes memasukkan nama Mulyani di 100 Most Powerful Woman, menduduki peringkat 38.


            Kita juga harus mencontoh keinginan mereka untuk memberantas kebodohan dan membanggakan Indonesia. Kita merayakan hari Kartini setiap tanggal 21 April untuk menjadi pengingat agar kita dapat menjadi lebih baik.

[Diva dan Nisa]

No comments:

Post a Comment