-->

Wednesday, May 6, 2015

Perayaan Hari Bumi di Tara Salvia

         
  Ada banyak hari istimewa yang dirayakan setiap tahunnya. Nah, salah satunya adalah Hari Bumi. Hari Bumi dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 April. Di hari istimewa tersebut, kita bisa melakukan berbagai kegiatan sebagai apresiasi kita untuk bumi, yakni tempat tinggal kita. Kita semua juga perlu meningkatkan kesadaran kita untuk selalu menjaganya. Bumi kita sedang dalam keadaan yang kurang baik karena kegiatan manusia yang menyebabkan pemanasan global. Jadi, kita harus menghindari kebiasaan yang menyebabkan kondisi Bumi makin memburuk.

            Kita bisa memulai dengan hal-hal yang kecil. Yaitu, membuang sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan kertas, menggunakan tas sendiri saat berbelanja, berjalan kaki ke tempat yang dekat, dan lain-lain. Kita juga bisa menanam pohon dan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak dapat dipakai.

           
Nah, saat tanggal 22 April lalu, Deva bersama beberapa teman dari OSIS berpartisipasi di kegiatan Hari Bumi di Tara Salvia. Kegiatan pertama ini tersebut dimulai dari pukul 08:00 sampai 09:00 pagi. Di kegiatan ini, Deva dan kawan-kawan mengajari para adik kelas 3 sampai 5 SD tentang cara membuat bunga menggunakan plastik bekas dan kawat. Keterampilan membuat bunga ini diperoleh Deva dan teman-temannya saat melaksanakan program Belajar di Komunitas Lain di Pajarakan.

           
Adik kelas terkadang kesulitan di beberapa tahap. Misalnya saat menggunting plastik karena plastiknya berlapis-lapis. Memang, pada awalnya cukup sulit. Tapi, jika kita selalu mencoba, nanti lama-lama pasti juga bisa. Sebagian adik kelas bahkan bisa membuat bunga yang bisa dibilang keren banget, walaupun ini pertama kali mereka membuatnya. Deva dan teman-temannya justru kagum, haha!

            Kemudian, kegiatan kedua diadakan di aula gedung SMP. Kegiatan ini dimulai dari pukul 14:15 sampai 15:00 siang. Pertama, semua siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang berisi sekitar lima orang. Setiap kelompok diberi satu artikel. Mereka harus menuliskan fakta-fakta yang terdapat dalam artikel tersebut di kertas yang sudah disediakan.


            Setelah itu, beberapa kelompok memberitahu fakta-fakta yang mereka sudah temukan dari artikel  di depan kelompok yang lain dan membahasnya bersama-sama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kini bumi kita memang sedang berada dalam kondisi yang tidak begitu baik. Ternyata, ketinggian air laut naik sekitar 3 mm setiap tahunnya karena sebagian banyak es di daerah kutub sudah mencair, akibat dari pemanasan global. Sebagian banyak hutan di Kalimantan sudah hilang karena penebangan ilegal. Kemudian, kami semua menulis refleksi tentang apa yang sudah kami lakukan untuk menjaga Bumi dan apa yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang.

           
Dari kedua kegiatan ini, kita bisa mengetahui berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tempat tinggal kita dan mengapa kita harus melakukannya. Jika kita tidak bisa hidup nyaman di bumi lagi, di mana lagi kita bisa tinggal? Tidak ada tempat lain, ‘kan? Nah, karena itu, ayo kita mengapresiasi bumi kita ini dengan melakukan kegiatan yang positif!

[Deva]


No comments:

Post a Comment