-->

Wednesday, May 27, 2015

Berjualan Makanan Sehat di 'Kafe Sehatku'


Sebagai bekal projek akhir dari tema ‘Kafe Sehatku’, kelas 8 belajar untuk berjualan secara berkelompok dengan membuat kafe. Sesuai dengan temanya, menu yang disajikan harus sehat. Mulai dari hari Senin, 11 Mei sampai hari Jumat, 15 Mei, setiap dua kafe memiliki kesempatan untuk berjualan dalam satu hari, yaitu saat snack time. Kegiatan berjualan di Kafe Sehat ini dijadikan bahan penilaian Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPS, TIK, Pengembangan Diri, dan Matematika.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dan dijadikan penilaian dalam setiap pelajaran. Hal yang paling penting adalah kerja sama dan perencanaan kafe. Semua siswa bekerja keras untuk memenuhi kriteria tersebut.

Beberapa minggu sebelum berjualan, semua siswa dan siswi kelas 8 sudah sibuk menyiapkan diri dan perlengkapan mereka. Mulai dari membuat nama kafe, membuat boks untuk meletakan brosur, dan pembagian tugas. Semua siswa sangat antusias dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk pembagian berjualan, sudah diatur dan diumumkan saat siswa sedang dalam persiapan. Berikut adalah urutan berjualannya.

Masing-masing kelompok menjual makanan yang sehat dan dibuat sendiri oleh tiap anggota kelompok. Menu-menu tersebut sangat bervariasi, namun tetap sehat dan enak. Contohnya ada nasi merah, jus pepaya, sandwich, makaroni, pai nanas, dan banyak lagi! Para siswa siswi dan guru menikmati menu yang dihidangkan! Harga-harganya juga terjangkau!

Ternyata, membuat kafe tidaklah mudah. Hampir semua siswa mengaku, ada banyak sekali kendala yang dialami oleh tiap kelompok. Namun, pengalaman ini membuat para siswa banyak belajar. Itulah sekilas tentang kegiatan Kafe Sehat dari kelas 8.


[Karissa]

No comments:

Post a Comment