-->

Wednesday, November 2, 2016

Bazzar Tara Salvia 2016-2017

Setiap tahunnya, di Sekolah Tara Salvia diadakan sebuah bazaar. Bazaar yang diadakan tanggal 9 Oktober 2016 adalah bazzar yang terakhir dilaksanakan di Tara Salvia. Bazaar adalah sebuah acara dimana ada banyak hiburan yang bisa ditemukan di sana. Selain itu, ada juga banyak stan-stan dimana di setiap stan ada banyak barang yang bisa dibeli. Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan berbagai penampilan di bazaar, seperti penampilan band, dan ada juga penampilain lain siswa SD dan SMP Tara Salvia. Suasana di bazaar sangat meriah. Tujuan diadakannnya bazaar bermacam-macam. Pertama, untuk membuka kebebasan berkreativitas dengan banyak stan-stan menarik dan banyaknya lagu-lagu enak untuk didengar. Kedua, untuk meningkatkan kegembiraan dan kemeriahan pengunjung yang datang.
Ada bermacam-macam stan di bazaar kali ini. Seperti stan yang menjual makanan, kerajinan tangan dan lain lain. Stan-stan ini bisa ditemukan di koridor sekolah dimana ada di tepi bazaar.. Lalu ada juga stan-stan permainan, salah satunya adalah permainan menjatuhkan botol dengan bola tenis. Terlihat anak-anak sangat senang memainkannya.
Di bazar, suasananya sangat ramai. Banyak sekali anak-anak berkeliaran dan bermain, serta para penjaga stan bazaar yang sering menyerukan barang jualannya. Suasana bazaar semakin dimeriahkan dengan adanya penampilan-penampilan yang seru untuk dilihat. Salah satunya adalah penampilan basket anak-anak, dimana mereka terlihat sangat lucu dan bersemangat mengikutinya, sehingga yang lainnya pun ikut bersemangat.
Beberapa stan di bazaar tersebut kami wawancarai. Stan pertama yang kami wawancarai adalah stan kelas 7. Stan ini beserta isinya memiliki tema masakan Jawa, yang mereka angkat agar anak-anak kenal dengan masakan tradisional Jawa. Stan ini menjual berbagai masakan Jawa, seperti Nasi Kucing, Nasi Bakar, Sate Telur, Tempe Bacem, Jajanan Pasar, Beras Kencur, dan lain-lain. Harga stiap makanan kurang lebih sekitar Rp 15.000. Meski semua boleh membeli, kebanyakan yang membeli adalah ibu-ibu, yang memang suka dengan masakan-masakan tersebut.
Lalu ada stan kelas 8. Stan kelas 8 ini ada dua jenis, salah satunya adalah yang berasal dari OSIS Tara Salvia. Tujuannya adalah untuk mengisi kas OSIS, dimana mereka menjual tempe mendoan, marsmallow, dan lemon tea sebagai barang jualan mereka. Menurut mereka, marshmallow dan tempe laku di kalangan pemuda, dan lemon tea bisa menyegarkan para pembeli. Itulah alasan mereka memilih barang jualan tersebut. Makanan dan minuman ini homemade yang dibuat di rumah para anggota. Cemilan ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu: Tempe seharga Rp 3.500, marshmallow seharga Rp 4.000, dan lemon tea seharga Rp 5.000. Harga ini memberi keuntungan bagi mereka, tapi juga murah. Mereka menjualnya pada murid SD dan SMP juga orangtua mereka.
Stan kelas 8 yang lain adalah face-painting. Mereka memilih face painting karena jasa ini menarik untuk dijual. Mereka mendapat ide ini dari ibu salah satu teman mereka, yaitu Zoia. Tujuan mereka menambah uang adalah untuk donasi. Harganya pun bervariasi. Untuk yang sebagian muka itu Rp 10.000, dan untuk yang seluruhnya adalah Rp 20.000.
Terakhir, ada stan kelas 9 yang kami wawancarai, dimana mereka menjual mie ayam dan mie yamin, karena nama stan mereka adalah Bakmi Sembilan. Harganya tergantung pada keinginan para pelanggan untuk memakai bakso atau tidak. Untuk yang pakai bakso harganya Rp 25.000, dan yang tidak memakai adalah Rp 20.000. Semua bahan ini homemade maka lebih sehat dan terjaga kualitasnya, serta lebih lezat. Kebanyakan yang membeli adalah anak-anak dan orangtua.
Selain berjualan di stan, tentunya ada kegiatan lain selain berjualan di stan. Banyak permainan yang bisa ditemukan di bazaar kali ini. Selain itu, ada juga penampilan-penampilan dari band SMP Tara Salvia, dimana lagu-lagu yang menarik untuk didengar, sehingga bazaar menjadi lebih meriah. Lalu ada juga penampilan dari kelas 6  yang tentunya disenangi oleh banyak orang.
Sangat banyak kegiatan yang bisa kita dapatkan di bazaar tahun ini. Bazaar kali ini kelihatannya sudah meriah, banyak yang membeli barang jualan stan-stan dan stan-stan tersebut memiliki dekorasi bagus yang membutuhkan kreativitas. Lalu ada banyak sekali permainan yang bisa kita lakukan , dan belum lagi penampilan-penampilan dari para murid, yang sangat memeriahkan bazaar. Cuacanya juga cerah pada saat itu dan acara juga lancar. Meski begitu, kami tetap memberi saran untuk bazaar kedepannya. Bazaar kedepannya diharapkan untuk lebih melibatkan anak-anak untuk berbagai acara, juga bagi pembawa acara untuk lebih mengajak para pengunjung untuk mendengarkan mereka. Lalu barang-barang yang tidak laku bisa dilelang dengan harga yang dipotong sehingga menjadi lebih murah. Masih banyak saran lainnya, tapi yang pasti bazaar sekarang ini harus terus dipertahankankan. Semoga bazaar tahun depan lebih baik lagi dari sekarang.

-Rizky dan Farrel-

No comments:

Post a Comment