-->

Wednesday, November 9, 2016

Debat Persahabatan

   Pada tanggal 19 Oktober 2016, terjadi kegiatan debat persahabatan. Debat persahabatan adalah debat antar kelas dan sekolah tentang topik-topik berbeda. Debat persahabatan dibagi menjadi 4 sesi.

Sesi pertama adalah perdebatan antara tim Tara Salvia A dan Tara Salvia B, mosinya adalah “Kami setuju dengan penerapan kebijakan full day school di Indonesia”. Meskipun ada beberapa murid yang gugup, tetapi mereka sudah melakukan yang terbaik! Sesi kedua adalah perdebatan antara tim Tara Salvia C dan SMP insan cendekia madani, mosinya adalah “Kami setuju untuk menaikkan harga rokok hingga Rp.50.000”.  Sesi perdebatan kali ini terlihat sangat sengit. Anggota dari setiap tim memiliki pemikiran yang bagus! Sesi ketiga adalah perdebatan antara tim Tara Salvia D dan  SMPN 3 Tangerang Selatan, mosinya adalah “pokemon GO memberikan lebih banyak dampak negative daripada dampak positif kepada pemainnya”. Masing-masing anggota terlihat sangat kompak dan bersungguh-sungguh. Sesi terakhir adalah perdebatan antara tim Tara Salvia E dan Tara Salvia F, mosinya adalah “kami setuju untuk melarang penggunaan media social untuk anak di bawah umur”. Setiap anggota dapat menyampaikan argumen dengan baik dan benar.
      Tim PENA sempat melakukan wawancara dengan peserta dari sekolah lain dan dengan penonton. Menurut Devina, siswa SMPN 3 Tangsel, debat ini seru dan menyenangkan, menurutnya untuk acara debat persahabatan selanjutnya diperkenankan waktu berargumen dan interupsi lebih lama. Karena dengan begitu, tiap anggota dapat menyampaikan argumen dengan lebih rinci dan jelas. Menurut Adiva, siswa kelas 7 SMP Tara Salvia, lomba ini seru saat sesi kedua dan ketiga, karena melawan sekolah lain, Debat persahabatan ini berjalan dengan seru dan lancar. Semoga untuk kedepannya debat persahabatan ini tetap berlangsung meriah!

No comments:

Post a Comment